Kesiagaan penuh dilakukan SAR di Parangtritis, Yogyakarta, terkait peningkatan jumlah wisatawan bahari pada musim libur Tahun Baru 2012.(FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)
 ... kami siagakan kekuatan penuh, yakni 80 orang. Sebanyak 56 siaga di kawasan pantai Parangtritis hingga Depok, dan sisanya siaga di sepanjang pantai Samas hingga Pandansimo...
Berita Terkait
Video
Bantul, Yogyakarta (ANTARA News) - Tim pencarian dan penyelamatan atau SAR di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiagakan sebanyak 80 personel antisipasi kecelakaan laut terhadap wisatawan libur Tahun Baru 2012.

"Personel kami siagakan kekuatan penuh, yakni 80 orang. Sebanyak 56 siaga di kawasan pantai Parangtritis hingga Depok, dan sisanya siaga di sepanjang pantai Samas hingga Pandansimo," kata Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto, di Bantul, Senin.

Menurut dia, dalam mengamankan wisatawan dari kecelakaan laut di pantai selatan saat penghujung tahun 2011 tersebut pihaknya juga akan dibantu oleh satuan tugas (satgas) dan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bantul.

"Pengamanan wisatawan juga sudah dimulai sejak libur Natal tahun 2011, sehingga pengamanan ini untuk mencegah korban kecelakaan laut selama libur Natal dan Tahun Baru 2012, kita target jumlah korban nihil," katanya.

Ia mengatakan, untuk memaksimalkan pengamanan libur tahun baru di pantai, pekan lalu pihaknya juga telah memberikan bantuan dua unit sepeda motor trail untuk operasional tim SAR dalam berpatroli mengingatkan pengunjung di kawasan pantai.

"Ini sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada SAR dalam terhadap keselamatan pengunjung pantai selatan, sekaligus kesiapsiagaan kami dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru, dengan begitu tim SAR tambah semangat dalam menjalankan tugas," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Parisiwata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo mengatakan, untuk menyambut wisatawan tahun baru ke pantai pihaknya menampilkan sejumlah even budaya diantaranya di pantai Parangtritis dan Pantai Pandansimo.

"Kita melibatkan pelaku wisata atau kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat dalam even, diantaranya campursari di Joglo Parangtritis dan pesta kembang api di pantai Pandansimo saat malam tahun baru," katanya.

Ia mengatakan, terkait pengendalian keamanan wisata saat malam tahun baru pihaknya berkoordinasi dengan Kepolisian Resor (Polres), Polisi Air dan Udara (Pol Airud) dan Dinas Perhubungan (Dishub) serta Muspika setempat.

"Untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan pengunjung dan kelancaran lalu lintas akan dikoordinasi Polres dan Dishub. Total petugas pengendalian selama malam pergantian tahun baru sebanyak 173 personel," katanya.

Menurut dia, sementara untuk pos-pos yang diperlukan untuk pengendalian diantaranya Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk dan TPR Trembis untuk pantai Parangtritis, dan TPR Depok, TPR Samas, TPR kuwaru dan TPR Pandansimo.

"Jumlah petugas di tiap TPR juga ditambah atau lebih banyak dari hari biasa. Tidak hanya itu di kantor juga siapkan pos dengan menempatkan lima orang, kita berharap perayaan pergantian tahun baru berjalan lancar dan aman," katanya. (ANT)
Editor: Ade Marboen
COPYRIGHT © 2011
Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com